Batasan Make Up untuk Muslimah

Batasan Make Up untuk Muslimah

Batasan Make Up untuk Muslimah . Berdandan merupakan cara seorang wanita untuk mempercantik dan memperindah dirinya agar terlihat cantik di mata setiap orang yang memandangnya. Hal ini sudah menjadi naluri setiap wanita yang ada, bahkan pada saat ini banyak anak perempuan seusia remaja yang sudah memakai make up saat sekolah ataupun pergi bermain dengan teman-temannya. Namun, bolehkah kita memakai make up menurut Islam? Adakah batasan-batasan tertentu dalam memakai make up untuk para Muslimah? Berikut dibawah ini akan mengulas tentang batasan make up untuk Muslimah yang harus Anda ketahui agar tidak melanggar peraturan yang ada didalam agama Islam.

Beberapa Batasan Make Up untuk Muslimah

Pada saat ini banyak wanita yang diwajibkan untuk memakai make-up saat bekerja. Namun, dalam ajaran Islam sendiri, wanita hanya diperbolehkan berhias dan diperlihatkan hanya untuk suaminya. Sebenarnya, dalam Islam juga tidak mengekang wanita untuk terlihat cantik. Namun yang perlu Anda ketahui adalah ada batasan tersendiri didalam Islam mengenai penggunaan make up tersebut. Batasan-batasan make up untuk Muslimah ini yaitu:

1. Tidak Menggunakan Make Up Secara Berlebihan
Salah satu batasan dalam memakai make up untuk para Muslimah adalah tidak menggunakannya secara berlebihan. Kita tahu bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dan juga hal ini tidak disukai oleh Allah SWT. begitu pula saat merias wajah. Merias wajah yang diharuskan yaitu merias untuk suami, namun pada era globalisasi ini, banyak ditemukan bahwa wanita karier atau pekerja wajib merias wajahnya supaya tidak terlihat pucat saat bekerja dan memberikan kesan segar bagi yang melihatnya. Hal ini diperbolehkan asal cara Anda merias tidak berlebihan dan pada saat berhias Anda juga harus meniatkannya untuk pekerjaan dan bukan untuk memamerkan kecantikan yang Anda miliki kepada lelaki yang bukan mahramnya.Batasan Make Up untuk Muslimah

2. Memperhatikan Kandungan yang Ada di Dalam Make Up
Saat ingin merias wajah Anda, hal yang harus Anda perhatikan adalah melihat kandungan yang ada di dalam make up tersebut. Make up yang akan Anda gunakan harus berlabel halal. Sebelum membeli make up tersebut Anda bisa menanyakan hal ini kepada sang penjual. Jika tidak ada label halal sebaiknya Anda mencari merk make up lainnya yang bertuliskan halal pada bagian produknya. Karena di dalam Islam itu sendiri tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi sesuatu hal yang haram, termasuk juga make up. Hal ini ditakutkan bahwa kandungan bahan-bahan yang tidak diijinkan dalam Islam dapat merusak wajah Anda dikemudian hari.

3. Memakai Make Up Ala Islam yang Alami
Jika merias wajah bukan menjadi sebuah keharusan untuk Anda lakukan, sebaiknya Anda tidak perlu merias wajah Anda dengan menggunakan make up. Merias wajah memang akan mempercantik Anda untuk dipandang, akan tetapi penggunaan make up secara terus menerus juga dikhawatirkan akan merusak wajah Anda. Untuk itu, jika Anda ingin tetap tampil cantik yang alami, sebaiknya lakukan tips memakai make up ala Islam yang ada yaitu menjaga wudhu Anda dan memoleskan sedikit bedak pada wajah Anda.

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, ada satu hal lain yang perlu Anda ketahui yaitu selalu menjaga aurat dimanapun para Muslimah berada. Setelah merias wajah, Anda harus memperhatikan penampilan dalam berbusana juga. Meskipun banyak trend hijab dengan gaya yang modis pada akhir-akhir ini, wajib hukumnya untuk semua Muslimah dalam menjaga auratnya dari hadapan lelaki yang bukan mahramnya jika sudah berhias agar tidak menimbulkan fitnah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *